Monday 15 September 2014

Resensi Buku "Misi Moralitas Al-Quran"


Judul Buku     :    Buku Pintar Asbabun Nuzul
Penulis           :    Prof. Dr. Muhammad Chirzin
Penerbit         :    Penerbit Zaman
Cetakan  I       :    2011
Tebal              :    384 halaman

Al-Qur’an memang tidak pernah lekang oleh zaman. Terbukti berabad-abad setelah diwahyukannya kepada Nabi Muhammad ia tetap menjadi kajian yang menarik, baik oleh kaum muslim maupun non muslim. Informasi-informasi yang dulu dinilai tabu dan tidak rasional belakangan ini telah terbukti kebenarannya.  Kajian-kajian, rumah-rumah penghafal al-Qur’an pun bermunculan layaknya jamur di musim penghujan. Ada sebagian kelompok yang berusaha memahami al-Qur’an dengan mengadakan kajian rutin yang diisi oleh orang-orang yang dinilai berkompeten, sementara itu kelompok lain berusaha menggelorakan semangat kaum muslim untuk menghafal al-Qur’an sampai 30 juz. Bisa dikatakan era saat ini merupakan era al-Qur’an.

Di satu sisi hal ini merupakan fenomena yang cukup menggembirakan, namun di sisi lain juga berpotensi melahirkan problem-problem pada masyarakat. Terbukti beberapa kasus terorisme di negeri ini salah satunya dipicu oleh pemahaman sebagian pemeluk agama yang salah terhadap al-Qur’an. Tentu adigium ‘Islam menjadi rahmat bagi seluruh alam’ (rahmatan lil’alamin) menjadi seolah hambar melihat aksi-aksi yang tidak bertanggung jawab yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

 Dalam banyak literatur ilmu-ilmu al-Qur’an, dinyatakan bahwa tidak sembarang individu mampu memahami al-Qur’an dengan baik dan benar. Dibutuhkan penguasan beberapa disiplin keilmuan yang akan mengantarkan kepada pemahaman yang baik untuk memahami al-Qur’an, salah satunya adalah ilmu tentang latar belakang diturunkannya al-Qur’an kepada Nabi atau yang lebih dikenal dengan istilah asbabun nuzul. Inilah tujuan mengapa buku ini ditulis. Melalui pendekatan asbabun nuzul, seorang pengkaji al-Qur’an akan mampu mengungkap peristiwa-peristiwa di balik turunnya ayat-ayat al-Qur’an dan menyarikan pesan moralnya yang terus relevan dengan keadaan umat Islam sekarang.

Penulis buku, Prof. Dr. Muhammad Chirzin dalam buku ini mengelompokkan menjadi sembilan kelompok berkenaan dengan asbab an-nuzul dan siapakah tokoh yang melatarbelakanginya. Kelompok pertama yang dilatarbelakangi oleh sikap-sikap Nabi Muhammad saw., kedua para sahabat Nabi, kaum mukmin, kaum kafir, kaum munafik, kaum Yahudi, kaum Nasrani, kaum wanita, dan yang kesembilan berkenaan dengan perang. Tidak hanya latar belakang turunnya sebuah ayat, setiap kajian ayat al-Qur’an dalam buku ini juga dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan ulama tentang ayat tersebut. Tentu memahami al-Qur’an tidak cukup hanya mengerti tentang asbab an-nuzul, tetapi paling tidak buku ini dapat dijadikan salah satu perangkat untuk memahami al-Qur’an.

@fuadngajiyo



No comments:

Post a Comment