Monday 15 September 2014

Resensi Buku "Membaca Sejarah Pendidikan Nasional"


Judul              :   Sejarah Pendidikan Nasional, dari Masa Klasik Hingga Modern
Penulis          :   Muhammad Rifa’i
Penerbit       :   Ar-Ruzz Media, Yogyakarta
Cetakan I      :   2011
Tebal             :   304 halaman

Maju mundurnya sebuah bangsa bisa dilihat dari kualitas pendididannya. Jika pendidikannya maju, maka bisa dipastikan maju pulalah bangsa tersebut. Begitu juga dengan sebaliknya. Dalam sejarah pendidikannya, Indonesia telah mengalami beberapa kali pergantian masa dan corak. Mulai dari pendidikan zaman sebelum ada penjajahan, masa penjajahan, zaman kemerdekaan,  zaman Orde Lama, Orde Baru, dan terakhir yaitu zaman Reformasi seperti saat ini.

Sejarah itu kemudian dirangkum dalam sebuah buku berjudul ‘Sejarah Pendidikan Nasional, dari Masa Klasik Hingga Modern’ oleh Muhammad Rifa’i. Ia berharap dengan adanya buku ini kita semua sama-sama mengetahui bagaimana sejarah dan perkembangan pendidikan di negara yang kita cintai ini, Indonesia. Untuk kemudian dijadikan i’tibar, yang positif diambil dan dikembangkan sedang yang negatif dibuang.

Pada masa sebelum penjajahan, pendidikan nasional lebih terfokus pada persoalan ketuhanan, keindahan, pertanian, akhlak, moral, dan tata pemerintahan kerajaan. Di zaman penjajahan, pendidikan berkisar pada ilmu administrasi dan birokrasi. Sedang pendidikan yang menggelorakan perlawanan terhadap penjajah terjadi pada masa kemerdekaan. Memasuki masa Orde Lama pendidikan sangat dipengaruhi oleh pertarungan ideologi dan politik, sedang Orde Baru lebih mengedepankan pada aspek pembangunan ekonomi. Terakhir, pendidikan zaman reformasi sampai saat ini dipengaruhi oleh semangat perubahan dan transisi demokratisasi di tengah revolusi teknologi informasi.

Secara keseluruhan buku ini menarasikan sejarah pendidikan pendidikan nasional Indonesia dengan segala keunggulan dan kelemahannya dari tiap-tiap masa. Meski penulis mencoba untuk menyajikan data secara lengkap, namun buku ini bukanlah sebuah karya yang menampilkan studi sejarah secara padat, penuh, dan tuntas. Ia hanya sebagai pengantar saja yang sangat membutuhkan kajian yang lebih serius dan komprehensif jika ingin mengetahui secara mendalam tentang sejarah pendidikan nasional. Karena lewat sejarahlah seseorang belajar untuk kemudian menentukan arah ke mana sebuah peradaban bangsanya akan dibawa.

@fuadngajiyo


No comments:

Post a Comment