Tuesday 9 September 2014

Resensi Buku "Mudahnya Membuat Toko Online di Internet"


Judul         :    Panduan Jual Beli Online: Mudah dan Cepat
Penulis     :    Whindy Yoevestian
Penerbit   :    Penerbit PT Elex Media Komputindo
Cetakan    :    2011
Tebal        :    viii + 136
Dimuat di Kedaulatan Rakyat

Dizaman yang serba canggih ini, hampir semua hal mungkin dilakukan. Termasuk salah satunya yaitu melakukan transaksi jual beli tanpa harus memiliki kios ataupun toko. Keberadaan kios maupun toko yang memakan tempat dan banyak biaya dapat terwakilkan dengan bantuan internet yang murah dan praktis.

Seperti halnya di dunia nyata, di dunia maya pun kita dapat menjual berbagai macam produk. Mulai barang-barang ringan sampai barang-barang berat sekalipun. Selain tidak memakan biaya banyak, keuntungan lain yang didapat jika kita berjualan dengan model ini yaitu jangkauannya yang sangat luas, tidak hanya lingkup kecamatan atau kabupaten, bahkan kita mampu menembus pasar nasional maupun internasional. Lantas bagaimana caranya memulai berdagang di dunia maya?

Pertanyaan tersebut akan terjawab jika kita membaca buku ini. Kehadirannya merupakan jawaban banyak orang yang masih kebingungan tentang bagaimana cara membuka usaha dagang lewat toko online. Penulis buku, Whindy Yoevestian menyebutkan beberapa website yang menawarkan pembuatan toko online secara gratis, diantaranya adalah Toko Bagus, Toko Bersama, Dino Market, dan Kassa 9. Atau kita bisa memanfaatkan jejaring sosial kaskus untuk menjual produk.

Buku ini menjelaskan tentang bagaimana pendaftaran akun di masing-masing website untuk membuka toko online. Tidak hanya berhenti di situ saja, buku ini juga mengajarkan langkah-langkah mengisi item-item produk, informasi, dan juga penggunaan fasilitas untuk melampirkan berita dan artikel. Tips-tips pengamanan dan juga perawatan toko online menjadi pelengkap buku ini di akhir-akhir pembahasan.

Meskipun teknologi telah berjalan begitu pesatnya sehingga memudahkan para pelaku bisnis online untuk memulai membuka usahanya, namun prinsip kejujuran, kerja keras, ketekunan, amanah serta disiplin bukan berarti dapat ditinggalkan. Karena itu merupakan modal utama bagi para pelaku bisnis perdagangan. Selamat membaca!


@fuadngajiyo

No comments:

Post a Comment