Monday 15 September 2014

Resensi Buku "Ilmu Para Wali"


Judul               :    Rahasia Ilmu Para Wali Allah
Penulis           :    Syaikh Abdul Qadar al-Jailani
Penerjemah  :    Kelompok Kreatif Baitul Kilmah
Penerbit        :    Pustaka Marwa, Yogyakarta
Cetakan I       :    2012

Salah satu kelompok manusia yang akan ditinggikan derajatnya yaitu orang-orang yang berilmu, di samping orang-orang yang beriman. Dengan ilmu manusia bisa mengenal dirinya, lingkungannya, bahkan Tuhannya. Dengan ilmu pulalah manusia bisa mencapai peradaban tertinggi di muka bumi ini. Sejarah telah mencatat, hanya bangsa yang memperhatikan ilmu pengetahuanlah yang mampu bersaing di kancah dunia. Tidak mengherankan jika Nabi Penuh Kasih Sayang, Muhammad saw. mewanti-wanti, “Carilah ilmu walau sampai ke Negeri China”. Ini mencerminkan betapa pentingnya ilmu di tengah-tengah kehidupan manusia. Maka, sampai detik ini ilmu pengetahuan terus digali, teori-teori baru terus ditemukan, dan teknologi pun terus berkembang.

Buku ini sendiri menyoroti tentang ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh para Kekasih Allah, orang-orang terpilih yang menjadi pewaris para Nabi. Merekalah manusia-manusia pilihan yang selalu mengkaitkan ilmu dengan ketuhanan, menjadikan ilmu sebagai sarana mengenal Tuhannya. Dan bukan malah sebaliknya, ilmu semakin menjauhkan pemiliknya dengan Tuhannya. Dimana sebagian manusia mendewakan ilmu di atas Tuhannya, teknologi yang diciptakannya memperbudak mereka sendiri.

Ada 26 bagian dalam buku ini dengan tema yang berbeda-beda. Penjelasan yang padat dan tidak terlalu bertele-tele membuat pembaca tidak cepat merasa bosan untuk menghabiskan semua isi dalam buku ini. Sebagai wacana yang kemudian diaplikasikan dalam keseharian, maka buku ini layak dijadikan tambahan koleksi perpustakaan pribadi anda.


@fuadngajiyo

No comments:

Post a Comment